Pengertian dan studi kasus Tradisi teori komunikasi Sibernetika & Sosiopsikologi

Sibernetika

Sibernetika merupakan tradisi yang membahas mengenai suatu sistem yang kompleks di mana berbagai elemen yang terdapat di dalamnya saling berinteraksi dan saling memengaruhi. Teori-teori yang terdapat pada tradisi sibernetika menawarkan perspektif yang luas, yaitu bagaimana berbagai variasi yang luas dari proses fisik, biologis, sosial, dan perilaku bekerja.

Komunikasi dipahami sebagai sistem yang terdiri atas bagian-bagian atau variabel-variabel yang saling memengaruhi satu sama lain. Sistem juga membentuk sekaligus mengawasi karakter dari keseluruhan sistem.

Contoh kasus Tradisi teori komunikasi Sibernitika

Apakah dengan penambahan uang jajan akan meningkatkan semangat belajar mahasiswa?

contoh tradisi teori biometrik

Penjelasan gambar diatas adalah untuk menjawab apakah benar dengan memberikan uang jajan lebih banyak dapat membuat mahasiswa lebih rajin belajar.

Dengan memberikan uang jajan lebih banyak mahasiswa menjadi lebih sering jalan jalan dan dengan seringnya jalan-jalan maka mahasiswa akan sering nongkrong dan dengan sering nongkrong maka mahasiswa jadi sering jajan.

Dengan memberikan uang jajan lebih mahasiswa akan sering nongkrong, sering jajan dan akan menggampangkan tugas dengan membayar orang lain.

Jadi kesimpulan dari sistem diatas adalah dengan memberikan uang jajan lebih banyak pada mahasiswa tidak membuat mahasiswa lebih rajin.

 

Sosiopsikologi

Pemikiran yang berada di bawah naungan tradisi sosiopsikologi (sociopsychological tradition) memandang individu sebagai makhluk sosial

Pemikiran sosiopsikologi sangat bermanfaat dalam membantu kita memahami berbagai situasi sosial di mana kepribadian menjadi penting di dalamnya, atau bagaimana penilaian seseorang (judgements) menjadi bias karena adanya faktor kepercayaan (belief) dan perasaan (feeling) serta bagaimana seseorang memiliki pengaruh terhadap orang lain.

Teori-teori yang berada di bawah tradisi sosiopsikologi memberikan perhatiannya pada perilaku sosial individu, variabel psikologis, pengaruh individu, kepribadian dan sifat. persepsi serta kognisi (yaitu proses mengetahui dan memahami)

Cabang ilmu Sosiopsikologi:

  • Teori Perilaku

Teori perilaku memberikan perhatian pada bagaimana seseorang berperilaku atau bertindak dalam berbagai situasi komunikasi yang dihadapinya. Teori ini melihat adanya hubungan yang kuat antara stimulus yang diterimanya dengan respons yang diberikan. Teori perilaku melihat hubungan antara perilaku komunikasi -apa yang Anda katakan atau apa yang Anda lakukan dalam hubungannya dengan variabel, seperti sifat, perbedaan situasi, dan pembelajaran.

  • Teori Kognitif

Teori kognitif memberikan perhatian pada bagaimana individu memperoleh, menyimpan dan mengolah informasi yang akan menghasilkan perilaku dan tindakan. Dengan kata lain, apa yang Anda lakukan dalam suatu situasi komunikasi tidak hanya bergantung pada pola stimulus dan respons, tetapi juga pada mental yang muncul ketika Anda mengelola informasi.

  • Teori Biologis

Teori biologis menjelaskan bagaimana peran dari struktur dan fungsi otak serta faktor genetik yang dimiliki seseorang memengaruhi perilakunya. Teori biologis ini mendapat perhatian para ahli komuniasi sejak tahun 1990an, seiring dengan semakin berkembangnya studi terhadap genetika manusia. ide dari teori ini menjelaskan bahwa banyak sifat, cara berpikir, dan perilaku seseorang tidak melulu dipengaruhi oleh faktor situasional atau pembelajaran, tetapi lebih banyak dipengaruhi oleh faktor biologis yang dibawa orang sejak lahir.

 

Contoh kasus Tradisi teori komunikasi Sosiopsikologi (teori perilaku)

Seorang anak bertanya kepada orang tuanya dengan bahasa yang dipakai sehari-hari pada temannya, lalu anak tersebut dinasehati oleh orang tuanya agar tidak berbicara dengan orang tua menggunakan bahasa yang ia pakai dengan teman-temannya, setelah itu anak tersebut menggunakan bahasa yang sopan jika berbicara dengan orang tua nya

 

 

Note: sumber teori adalah buku teori komunikasi oleh Morissan (penerbit ghalia Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *