Aplikasi Android untuk belajar

Halo gans, disini gua akan ngasih tau aplikasi android untuk belajar (yang gua pake sendiri). Tau ga sih gans, Ga semua aplikasi handphone itu untuk gaming dan social media aja loh, ada juga aplikasi yang dapat membantu elu belajar dan di postingan kali ini kalian akan tahu aplikasi yang bakal ngebantu kalian untuk belajar.

Pertama kita ngomongin tentang gaya belajar dulu biar elu tau tipe belajar mana yang elu punya, biar belajar elu lebih efektif. Dulu waktu gua SMA gua pernah diajarin sama guru bk (bimbingan konseling) tentang gaya/ tipe belajar seseorang itu ada 3, yaitu :

  • Tipe pendengar (auditory)
  • Tipe melihat (visual)
  • Tipe gerakan (kinestetik)

 

  • Tipe Pendengar (auditory)

Untuk orang dengan gaya belajar ini, mereka akan nyaman belajara dengan cara mendengarkan dan juga dengan berbicara

Orang dengan tipe belajar ini biasanya bawel, lebih sosial dari orang kebanyakan, dan juga biasanya mereka menonjol dalam bidang musik, mereka sering nyanyi sendiri dan juga ngomong sendiri waktu sedang membaca.

Beberapa orang dengan tipe belajar auditory sangat susah untuk diam dalam waktu yang lama, mereka ingat nama dengan baik tapi kalo untuk mengingat wajah orang enggak.

  • Tipe Melihat (Visual)

Orang dengan tipe belajar visual mereka mudah mendapatkan informasi dengan cara melihat informasi tersebut, setelah itu mereka menyimpan gambar di otak mereka.

Mereka sangat mudah terganggu oleh kebisingan di sekitarnya, dan mereka akan lebih mudah menyimpan informasi saat ngobrol dengan orang lain jika mereka mempertahankan kontak matanya dengan lawan bicara.

Kebalikan dari tipe belajar pendengar, orang dengan tipe belajar ini mengingat wajah orang dengan baik, tapi sulit mengingat nama.

  • Tipe Gerakan (kinestetik)

Gaya belajar ini akan mudah mendapatkan informasi jika mereka bergerak dan menyentuh secara langsung.

Biasanya orang dengan tipe belajar ini sangat lincah, dan unggul dalam hal atletik, sama juga seperti tipe belajar auditory mereka ngga bisa duduk diam dalam waktu yang lama.

Untuk orang yang belom tau tipe belajarnya kayak gimana, coba deh elu pikirin dulu untuk sesaat gaya belajar elu kayak gimana, kalo udah tau elu fokus ke gaya belajar elu biar belajar elu efektif.

 

 

Back to topic, nih dia aplikasi-aplikasi android yang menurut gua sangat membantu untuk belajar :

Voxdox

Aplikasi ini (download di playstore) gunanya untuk membuat tulisan yang kita masukkan menjadi suara. Sekarang kalo elu mau belajar elu tinggal ketik ata nulis apa yang pengen elu pelajarin (pake cara ini biar gampang dan cepet ngetiknya) terus elu masukkin tulisan elu ke dalam aplikasi dan jadi deh.

Sekarang kalo elu mau belajar ga usah buka buku lagi, tinggal pasang headset dan dengerin deh pelajarannya.

Smart recorder

Aplikasi smart recorder (download di playstore disini) ini sebenarnya fungsinya sebagai alat perekam pada umumnya, tapi yang membedakannya adalah aplikasi ini bisa skip silence, jadi kalo ngga ada suara aplikasi ini ga bakal ngerekam.

Setiap ada kelas elu buka aplikasi ini terus elu taruh handpohone elu di meja dan diemin aja sampe kelas selesai, dan untuk banyaknya data paling cuman kepake 100-150 Mb per jam .

Setelah elu pulang sekolah/ kuliah, kalo elu mau elu buka lagi rekaman yang tadi, dan elu belajar sepuasnya. Dengan cara ini pasti bakal lebih masuk lagi tuh pelajaran

 

Bonus: Grammarly, sebenarnya ini bukan aplikasi android sih, ini aplikasi untuk windows tapi menurut gua it’s worth mentioning karena aplikasi ini bisa ngecek grammar tulisan elu dan ngasih arahan, biar jadi bagus.

Dan satu hal lagi yang bikin nih aplikasi bagus adalah kemampuannya untuk mengecek duplikasi konten dari internet (jadi elu bakal tahu kalo artikel yang elu masukkin udah ada di internet apa belom, fungsinya mirip copyscape)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *