9 Bisnis / usaha sampingan mahasiswa yang mudah dilakukan

Pernah engga ngalamin kejadian ini, duit udah tipis tapi mau minta uang sama emak malu karena baru aja dikirim atau kamu pengen banget barang baru tapi jatah duit jajan bulanan kamu udah abis. Agan tau kan rasanya gimana? rasanya kayak hidup segan mati tak mau (agak lebay sih, hahahah). Yah mau engga mau harus nyari duit tambahan.

Salah satu cara untuk dapetin duit tambahan adalah dengan bisnis atau usaha tapi ga semua usaha cocok untuk mahasiswa loh, kan kita juga harus belajar dan ngerjain tugas.

baca juga: Cukur rambut online ala barbershop terbaik di Jakarta

Sebenarnya banyak sih tips-tips usaha sampingan untuk mahasiswa bertebaran di internet, tapi menurut gua tips-tips nya ga aplikatif atau informasi yang diberikan setengah-setengah.

 

Bagi yang males baca dan banyak kuota, tonton video ini. DI video ini, gua akan jelasin post ini dalam bentuk video

 

Di postingan kali ini gua akan ngasih ide-ide usaha atau bisnis sampingan untuk mahasiswa yang mudah dilakukan, berikut ini ide-idenya:

 

Les private

Iyah Les private, ini usaha sampingan yang langsung nyamber di kepala gua pas gua mikir usaha yang gampang dilakuin buat mahasiswa yah ini, les private. Selain karena ga pake modal uang, kalian juga ga perlu keahlian khusus.

Untuk usaha sampingan ini kalian ga harus pinter-pinter banget kok, yang penting kamu bisa pelajarannya aja. Selain itu kamu juga bisa ngatur jadwal sesuai dengan jadwal kuliah kamu.

Kamu juga bisa bikin les biasa (bukan les private), misalnya kamu jago bahasa inggris yah kamu buka les khusus bahasa inggris, kelebihan les biasa dari les private yaitu kalo les biasa kamu hanya memberikan satu macam pelajaran saja (kalo les private biasanya kamu memberikan bimbingan untuk semua pelajaran)

Jual pulsa

Siapa sih yang ga butuh pulsa ? semua orang pasti butuh pulsa kan, jadi penjualan pulsa pasti ga ada matinya. Kalo di antara temen-temen kamu belom ada yang jual pulsa, udah langsung aja kamu jualan pulsa.

Tapi untuk usaha ini kamu harus punya modal untuk beli saldo pulsa, yah ga perlu banyak sih 100.000 juga udah cukup. Untuk promosiin ke temen-temen kamu mudah kok, kamu bilang aja “gua jual pulsa nih sekarang, kalo elu butuh pulsa kontak gua aja entar langsung gua kirim”.

Tapi inget gans, jangan dihutangin ke temen. Soalnya banyak orang yang jual pulsa bangkrut karena dihutangin ke orang karena uangnya ga bisa dibeliin saldo pulsa lagi (istilahnya uangnya ga muter)

Ojek

Buat kamu yang pake kendaraan pribadi ke kampus ga ada salahnya kamu jadi tukang ojek online (gojek, grab, dll). Lumayan kan pas kamu lagi jam kosong atau kamu pengen pulang dapet orderan, apalagi tujuannya searah dengan kamu (apalagi kalo kustomernya cantik).

Di kampus-kampus pasti banyak kok orderan ojek online nya, wong dibutuhkan banget kok sekarang. Dan usaha  ini ga perlu modal (kendaraan pribadi dianggap udah punya), tapi jangan pake motor yang boros yah gans, nanti bukannya untung malah nombokin.

Nulis

Yang Boneng Gan!!! Masa nulis bisa ngehasilin duit dan jadi usaha sampingan. Beneran loh gans, nulis tuh bisa ngehasilin duit. Bisa dengan menjual artikel, menulis cerpen, bikin jasa ketik, atau bahkan ngeblog, nih gua jelasin satu-satu gans.

Menjual artikel, untuk yang satu ini kamu harus jago nulis gans (grammar, flow artikel nya, dll harus enak gan). Yang gua tau sih model artikel ada 2, ada yang informative dan satu lagi macem review produk (iklan) dan juga untuk bahasa penulisan artikel ada 2 juga, ada yang profesional dan kasual.

Biasanya pembayaran tulisan artikel berdasarkan jumlah kata artikel tersebut (rate artikel Indonesia per 1000 kata adalah Rp.35.000an dan artikel bahasa Inggris per 1000 kata bisa Rp.130.000 sampai Rp.200.000, semua tergantung kualitas juga sih)

Kalo kamu belom jago nulis, banyak kok tutorial di internet bagaimana caranya menulis yang baik dan benar. Kalo kamu udah jago, sekarang kamu tinggal cari klien aja deh bisa lewat forum, online marketplace, dll.

Menulis cerpen, Kalo menurut gua ini tingkatan yang lebih tinggi dari menulis artikel, bagaimana engga. Untuk menulis cerpen kamu harus punya imajinasi untuk bahan cerpenmu nanti, untuk tingkat yang lebih tinggi lagi kamu bisa bikin ebook cerita. Kalo untuk cerpen kamu bisa posting cerpen kamu di blog atau kamu hubungi kolom koran atau majalah yang bagian cerpen.

http://purplethrower.blogspot.co.id/2013/12/an-adventure-in-1870s-sinopsis.html blog tersebut membuat novel yang enak dibaca, dan blog tersebut juga merupakan contoh gaya penulisan kasual, BTW blog ini punya temen kita loh!!!

Untuk ebook, kamu bisa jual di amazon kindle (bahasa inggris), BTW bahasa inggris itu penting loh gans, apalagi kalo kamu udah fasih dan jago nulis.

Jasa ketik, kamu liat deh di google ada loh orang yang jual jasa ketik, kalo ada yang jual pasti ada yang butuh jasanya dong. Untuk buka usaha ketik ini kamu ga perlu modal kok, selain laptop/ pc (biasanya udah pada punya kan) dan waktu kamu aja.

Untuk mendapatkan klien, kamu ga harus bikin website terus kamu promosiin kok. Kamu bilang aja sama temen-temen kamu, “woy, luh kalo ada tugas rangkum atau ketik-ketikan bilang gua aja, gua ada jasa ketik nih”, gampang kan.

BTW, baca nih “cara mengetik dewa, ketik satu buku dalam satu malam” biar ngetik elu cepet

Ngeblog, ngeblog juga bisa ngehasilin duit loh gans biasanya sih lewat iklan, tentuin dulu niche (pasar ceruk) kamu. Gua saranin sih elu nulis apa yang jadi passion elu (misalkan elu suka motor, yaudah elu nulis tentang motor, dll). Kenapa gua saranin elu nulis tentang passion elu, yah karena kalo elu nulis tentang yang elu suka elu ga bakalan bosen nulis because it’s fun.

Kalo elu emang jago nulis dan butuh klien, hubungin gua aja, Insha Allah gua bisa bantu

jasa benerin komputer / laptop

Untuk jasa ini kalian harus ngerti part-part laptop atau komputer, dan kalian juga harus punya modal, yaitu alat-alat untuk ngetes kerusakan dan juga ngebenerinnya. Jasa ini ga cocok buat anak kos karena kalo kalian buka jasa ini pasti kamar kos kamu bakalan acak-acakan dan kamu bakal diomelin sama ibu kos.

jualan online

Sekarang kan lagi musimnya online nih, termasuk jualan juga online. Apa salahnya kalo kamu ikut jualan juga. Untuk usaha yang satu ini kamu ga harus punya modal gede kok, kamu cuma butuh barang murah untuk dijual saja (contoh: kamu bisa beli bahan kerudung di pasar terus kamu buat kerudungnya dengan cara dijahit).

Coba cek Alibaba atau Aliexpress disitu kamu bisa temuin banyak barang yang bisa kamu jual, ituh situs untuk belanja barang dari China.

Jasa design

Menurut gua jasa ini engga ada matinya, mulai dari hal yang simpel (misal: ilangin background foto biar jadi putih) ke hal yang rumit (bikin design baju atau bikin logo) pasti dibutuhin sama orang deh.

Dan asal kalian tau yah untuk buka jasa ini kalian ga harus belajar di jurusan Desain kok, kalo kamu emang imajinatif, ngerti warna (psikologi warna, dll), sering liat-liat design untuk referensi dan punya taste & skill yang cukup kamu udah bisa buka jasa ini.

Jasa ini butuh modal (laptop yang lumayan kuat dan aplikasi adobe ai, dll) dan skill, jadi kalo kalian ga punya keduanya mending usaha yang lain aja gans. Kalo kamu emang punya keduanya, hal yang pertama harus kamu lakukan adalah bikin portofolio design-design kamu (kalo kamu bingung mau bikin design kayak gimana buat portofolio kamu, kamu bikin aja design gratis untuk orang yang lagi butuh).

Setelah itu kamu tinggal cari klien, bisa di forum atau online marketplace.

kalo elu lagi cari klien, kontak gua aja Insha Allah gua bantu

 

Jasa fotografi / videografi

Jasa yang satu ini mirip sih sama jasa design, tapi ini kebanyakan diluar kerjanya, walaupun ada edit-editnya di laptop/ pc. Jasa ini butuh modal (kamera dan laptop untuk editing) dan skill/ keterampilan.

Sama kayak diatas, kalo kamu engga punya skill mendingan kamu cari usaha yang lain deh. Tapi kalo kamu emang punya skill dan emang kamu seneng poto-poto ga ada salahnya kan kamu nawarin keterampilan kamu ke temen-temen kamu

jasa download

Bagi kamu yang sering di kampus untuk make wifi atau kost an kalian masih dapet wifi kampus usaha ini bagus banget untuk kamu jalanin. Kamu ga butuh modal untuk jasa ini (andaikata laptop udah ada, heck you even can use your phone) dan wifinya pun gratis dan biasanya cepat kalo di kampus kan.

 

That’s it gan, panjang juga gua nulis post ini dan gua harap tulisan ini ngebantu seenggaknya satu orang

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *