Cara mengetik cepat, ketik satu buku dalam satu malam

Disini saya akan menulis tentang aplikasi yang akan membuat kamu (ngetik) menjadi sangat cepat, berapa lama sih waktu yang kamu butuhkan untuk mengetik 1 lembar tulisan dari buku? bisa sepuluh menit sampai satu jam, apalagi kalo buku nya tulisannya kecil-kecil, bakalan banyak dah tuh tulisan.

Sebenarnya alesan saya nulis ini adalah karena, kalo dikasih tugas kelompok kenapa ada aja kelompok saya yang kalo dikasih tugas ngetik, bakalan telat dari deadline atau bahkan engga ngerjain sama sekali (enaknya orang kayak gini dikeluarin aja dari kelompok). Dan mudah-mudahan dengan adanya post ini, akan membantu kamu ingin mengetik dengan cepat.

Saya akan memberi tahu 2 model aplikasi yang jika digunakan dengan benar, kamu bisa ngetik satu buku dalam satu malam (saratnya cuman kopi item 3 gelas ama cemilan)

 

  • Model pertama adalah speech to text

Sebenarnya speech to text itu udah lama ada di depan mata orang-orang tapi kenapa orang pada kagak nyadar yah, banyak saya liat orang ngetik di laptop di dikte (dibacain) sama temennya (lah kayak anak bocah belajar baca)

Bagi orang yang punya hape android, text to speech tuh udah built in, dia tuh ada di keyboard lu, namanya Google speech to text/Google Voice Typing, dia biasanya terletak di Pojok Kiri Bawah (PKB jirrr, pliss jangan ngomongin politik, hahahha), dia gambarnya mic.

Apa sih Google speech to text/Google Voice Typing tuh, dari namanya aja kita udah tau bahwa dia tuh gunanya untuk ngetik lewat suara (suara ke text)

Kalo ingin menggunakan kamu hanya perlu menekan gambar mic sekitar 2 detik lalu kamu bicara dan voila dalam sekejap apa yang kamu bicarakan udah di ketik, bayangin yah coba kamu ngetik satu lembar tulisan buku, bakalan pegel juga jari kamu.

Nah sekarang coba kamu BACA tuh satu lembar, ga nyampe sepuluh menit juga selesai tuh ketikan.

Menurut saya aplikasi (ga tau mau saya sebut apa, jadi saya sebut aja aplikasi) ini sangat-sangat akurat untuk merubah bahasa Indonesia dan Inggris ke dalam text, bahkan untuk saya yang bahasa inggrisnya pas-pas an. kalo dibandingin ama aplikasi PC Dragon Naturally speaking yang harganya ($74.99 – $500) menurut saya pribadi masih menang Google kemana-mana

 

 

Tips: kamu ketik dulu [Enter] yang banyak, itu untuk memudahkan kamu agar setiap selesai paragraf yang kamu baca, kamu hanya perlu klik baris bawah yang udah diisi dengan [Enter]

Saya saranin, kalo tugas ngetik kamu pake bahasa Indonesia semua, kamu ganti setting(pengaturan) Google speech to text kamu ke bahasa Indonesia.

Nih caranya

 

  • Model kedua adalah aplikasi OCR (Optical Character Recognition)

Nah ini teknologi lama juga sebenarnya, coba kamu liat di printer kamu yang ada scanner nya, kemungkinan besar bakalan ada aplikasi ini.

Pengertian OCR (Optical Character Recognition) adalah aplikasi yang gunanya untuk mengetahui karakter-karakter dari sebuah gambar, setelah itu dijadikan text.

nih penjelasan bahasa inggrisnya https://en.wikipedia.org/wiki/Optical_character_recognition

Bagi yang punya hape Android kalian bisa download aplikasi Text Fairy di Google play store. Cara menggunakan aplikasi ini yaitu cukup dengan memfoto text yang mau kalian ketik (misalnya kalian ingin ngetik dari buku pemasaran, kalian tinggal foto salah satu lembarnya saja) lalu aplikasi ini akan men scan kata-kata yang terdapat di dalam gambar tadi.

Tips: Foto yang digunakan harus sebagus dan sejelas mungkin (tidak boleh lecek, kertasnya bergelombang, dll)

tidak bisa digunakan untuk tulisan tangan

 

 

Note: Hampir semua post di blog ini menggunakan aplikasi tersebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *