Faktor internal yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Hewan

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, di postingan ini kami akan membahas faktor-faktor internal yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada hewan.

Hormon

Sama seperti makhluk hidup lainnya, hewan juga memiliki hormon, berikut adalah beberapa hormon yang ada pada hewan, yaitu:

  • Ekdison dan juvenil

Serangga-serangga yang melewati proses metamorfosis pada masa hidupnya (contoh: ulat) menjalani proses pengelupasan larva atau yang biasa disebut dengan ekdisis ke pase perkembangan selanjutnya, proses-proses terbsebut dipengaruhi oleh 2 jenis hormon, yaitu Ekdison dan Juvenil.

Hormon ini dibuat oleh sel-sel yang teradpat di bagian dada dan Hormon juvenil yang dibuat dari pasangan ganglion terdepan (otak). Proses ekdisis atau pengelupasan larva dapat berlangsung juka produksi ekdison tidak dikekang oleh hormon juvenil, selama ini terjadi maka hewan tidak bisa melalui proses metamorfosis dan akan tetap menjadi larva.

  • Somatotropin

Hormon ini sering dinamakan dengan hormon pertumbuhan, somatotropin ini berperan penting untuk pertumbuhan hewan mamalia (manusia juga).

  • Tiroksin

Hormon ini dibuat di pangkal tenggorok oleh kelenjar tiroid, fungsi hormon ini berbeda pada manusia dan hewan, pada hewan hormon tiroksin ini memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (contoh: larva menjadi katak), sedangkan pada manusia hormon tiroksin merfungsi untuk mengontrol kecepatan produksi reaksi dan energi pada sel secara umum.

Gen (Genetik)

Di dalam setiap makhluk hidup terdapat sel dan di dalam sel tersebut terdapat gen, gen adalah komponen yang membawa kepribadian ke keturunannya. Gen juga merupakan salah satu faktor yang memengaruhi semua perkembangan dan struktur makhluk hidup (contoh pada manusia: tinggi badan, warna mata, warna rambut, dll) di Bumi ini.

Aktivitas Tubuh

Aktivitas tubuh juga dapat memengaruhi pertumbuhan dan kesehatan pada manusia dan hewan. Kita ambil contoh pada manusia jika manusia sering ke gym atau melatih otot-ototnya maka ototnya akan menjadi kuat dan membesar tapi jika tidak ototnya akan kecil dan lemah.

Selain menguatkan otot aktivitas pada tubuh juga dapat melancarkan peredaran darah dan metabolisme.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *